Selasa, 17 November 2015



Nama   : NurulFauziyah
NPM   : 28214267
Kelas   : 2EB17


Bab 7 – Koperasi dalam berbagai struktur pasar
Dalam melakukan aktivitas ekonomi perusahaan selalu ingin mencari profit yang banyak, kekuatan-kekuatan potensi yang dimiliki perusahaan yang ideal ialah kekuatan yang berhubungan dengan adanya unsur-unsur seperti skala ekonomi, mempunyai posisi tawar menawar didalam kegiatan ekonomi. Koperasi memiliki dua pasar yakni; pasar internal dan eksternal.
Pasar internal koperasi merupakan penyaluran barang koperasi yang dijual untuk anggota-anggotanya, sedangkan pasar eksternal koperasi adalah penyaluran barang yang dijual untuk umum atau diluar anggotanya. Peran koperasi sebagai pemasok atau disebut juga supply coorperative dan marginal cost. Koperasi memiliki kesempatan untuk menentukan harga karena tidak berpatokan dengan keuntungan yang maksimal Koperasi dalam struktur pasar dibedakan atas menjadi dua jenis yaitu; pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yaitu monopoli, persaingan monopolistic, dan oligopoly.

§  Koperasidalampasarpersaingansempurna
Strukturini paling banyakdigunakanoleh para ahliekonomisebagaidasaranalisisdanperencanaansuatuperekonomian.
Sturukturinimemilikibeberapaciri, antaralain;
1.      Penjualdanpembelinyasangatbanyak
2.      Produk yang dijualdipasarsejenis
3.      Perusahaan bebasmasukdankeluarpasar
4.      Produsendankonsumenmempunyaiinformasi yang sempurna
Di strukturinihargasuatuproduk di tentukandengankeseimbanganpermintaandanpenawaran. Jikakoperasimenjualbarang di pasarpersaingansempurnamakakoperasimenjualbarangnyadenganharga yang telahditentukanolehpasar. Makadariitupersaingan “harga” tidakpantasuntuk para pelakubisnis yang mencari profit yang banyaksepertikoperasikarenaharga yang telahditentukanolehpasarsehinggaapabilakoperasiinginmendapatkan profit yang banyakmakakoperasiharusmeminimalisirkanbiayauntukmembuatproduknya.
  
§  Koperasidalampasarmonopoli
Pada sturuktur ini pasar hanya ada satu perusahaan yang menguasai pasar dari segi harga yang menentukan harga adalah seorang penjual yang biasa disebut dengan monopolis. Tidak hanya pada pasar persaingan sempurna saja dipasar ini pun memiliki beberapa ciri, antara lain;
1.      Perusahaan penjual atau produsen hanya memproduksi hanya satu.
2.      Tidak mempunyai barang subsitusi atuau barang pengganti.
3.      Memiliki banyaknya konsumen
Dipasar monopoli ini koperasi sangat sulit untuk masuk ke dalam pasar ini karena dimasa yang akan datang dari segi cakupan regional, logal maupun nasional tidak akan memiliki banyak harapan bagi anggota koperasi karena banyaknya tuntutan lingkungan untuk menghilangkan pasar yang bersifat seperti ini secara perlahan pasar ini akan semakin terbuka untuk persaingan.

§  Hubungan Koperasi dengan Pasar
Pasar merupakan suatu tempat yang mempertemukan produsen dan konsumen sehingga terjadinya permintaan dan penawaran. Apabila sudah terjadi adanya permintaan dan penawaran maka akan terjadinya kesepakatan untuk suatu barang dengan harga yang telah disepakati. Pasar terbagi atas lima jenis, yaitu ;
1.      Pasar Barang
Pasar barang merupakan yang menjual dengan dominan barang-barang. Dipasar ini koperasi dapat berperan sebagai produsen dan konsumen. Apabila menjadi produsen koperasi yang menawarkan barang-barang hasil produksinya sedangkan apabila koperasi menjadi konsumen maka koperasi melakukan permintaan atas barang yang dibutuhkan oleh koperasi. Didunia pasar sangat banyak pemasok dengan begitu koperasi harus memenangkan persaingan itu dengan cara dua hal yang harusdilakukannya;
·         Koperasi harus inovatif dan kreatif
·         Manajemen harus memberikan motivasi kepada anggotnya untuk lebih banyak ikut aktif melakukan produksi. 

2.      Pasar TenagaKerja
Dipasar ini menjual tenaga kerja atau yang sering disebut juga dengan jasa. Disini koperasi membutuhkan tenagakerja untuk kegiatan operasional diluar dari keanggotannya untuk itu koperasi berperan merekrut tenaga kerja dan menenpatkannya sesuai dengan keahliannya. Dipasar ini pun koperasi memiliki pesaing setidaknya koperasi harus melakukan duahal, antaralain;
·         Memberikan insentif yang relative lebih baik
·         Memberikan kesempatan pengembangan karier yang relative lebih baik

3.      Pasar Uang
Dipasar ini akan terjadi pinjam meminjam dana yang sehingga munculnya utang-piutang, disini akan menimbulkannya bunga yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu, maka dari itu koperasi harus mampu untuk dapat meraup banyaknya konsumen yang ingin menabung dengan cara memberikan bunga yang besar dan kepada pihak meminjam diberikan bunga yang kecil.

4.      Pasar  Modal
Koperasi jarang sekali memasuki pasar ini karena koperasi bukanlah sekumpulan dana melainkan sekumpulan orang-orang badan hokum.

5.      Pasar Luar Negeri
Pasar ini mendeskripsikan sebuah pasar yang berhubungan dengan ekspor dan impor. Dibeberapa koperasi sudah bergerak dalam industry kerajinan, tapi masih sedikit belum melakukan kegiatan ekspor-imporini.

Kaitan antara koperasi dan pasar merupakan individu-individu yang mempunyai aktivitas ekonomi dan bergabung dalam kelompok koperasi, maka kegiatan ekonominya telah persentasikan oleh badan usaha koperasi, sehingga perusahaan ini yang berhubungan dengan pasar yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya yang dilihat darisegi produksi dan konsumsinya. Koperasi dalam struktur pasar dibedakan atas menjadi dua jenisyaitu; pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurnaya itu monopoli, persaingan monopolistic, dan oligopoly.






Sumber :
http://dukuntansi.wordpress.com/2014/01/24/koperasi-dalam-berbagai-struktur-pasar-2/
http://www.academia.edu/12011834/HUBUNGAN_PASAR_DENGAN_KOPERASI

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar