Nama :
NurulFauziyah
NPM :
28214267
Kelas : 2EB17
Bab
7 – Koperasi dalam berbagai struktur pasar
Dalam melakukan aktivitas ekonomi perusahaan selalu ingin
mencari profit yang banyak, kekuatan-kekuatan potensi yang dimiliki perusahaan
yang ideal ialah kekuatan yang berhubungan dengan adanya unsur-unsur seperti skala
ekonomi, mempunyai posisi tawar menawar didalam kegiatan ekonomi. Koperasi memiliki
dua pasar yakni; pasar internal dan eksternal.
Pasar internal koperasi merupakan penyaluran barang koperasi
yang dijual untuk anggota-anggotanya, sedangkan pasar eksternal koperasi adalah
penyaluran barang yang dijual untuk umum atau diluar anggotanya. Peran koperasi
sebagai pemasok atau disebut juga supply
coorperative dan marginal cost.
Koperasi memiliki kesempatan untuk menentukan harga karena tidak berpatokan dengan
keuntungan yang maksimal Koperasi dalam struktur pasar dibedakan atas menjadi dua
jenis yaitu; pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yaitu
monopoli, persaingan monopolistic, dan oligopoly.
§ Koperasidalampasarpersaingansempurna
Strukturini paling banyakdigunakanoleh
para ahliekonomisebagaidasaranalisisdanperencanaansuatuperekonomian.
Sturukturinimemilikibeberapaciri,
antaralain;
1. Penjualdanpembelinyasangatbanyak
2. Produk
yang dijualdipasarsejenis
3. Perusahaan
bebasmasukdankeluarpasar
4. Produsendankonsumenmempunyaiinformasi
yang sempurna
Di
strukturinihargasuatuproduk di
tentukandengankeseimbanganpermintaandanpenawaran. Jikakoperasimenjualbarang di
pasarpersaingansempurnamakakoperasimenjualbarangnyadenganharga yang
telahditentukanolehpasar. Makadariitupersaingan “harga” tidakpantasuntuk para
pelakubisnis yang mencari profit yang banyaksepertikoperasikarenaharga yang
telahditentukanolehpasarsehinggaapabilakoperasiinginmendapatkan profit yang
banyakmakakoperasiharusmeminimalisirkanbiayauntukmembuatproduknya.
§ Koperasidalampasarmonopoli
Pada sturuktur ini pasar
hanya ada satu perusahaan yang menguasai pasar dari segi harga yang menentukan harga
adalah seorang penjual yang biasa disebut dengan monopolis. Tidak hanya pada pasar
persaingan sempurna saja dipasar ini pun memiliki beberapa ciri, antara lain;
1. Perusahaan
penjual atau produsen hanya memproduksi hanya satu.
2. Tidak
mempunyai barang subsitusi atuau barang pengganti.
3. Memiliki
banyaknya konsumen
Dipasar monopoli ini koperasi
sangat sulit untuk masuk ke dalam pasar ini karena dimasa yang akan datang dari
segi cakupan regional, logal maupun nasional tidak akan memiliki banyak harapan
bagi anggota koperasi karena banyaknya tuntutan lingkungan untuk menghilangkan pasar
yang bersifat seperti ini secara perlahan pasar ini akan semakin terbuka untuk persaingan.
§ Hubungan Koperasi dengan Pasar
Pasar merupakan suatu tempat yang
mempertemukan produsen dan konsumen sehingga terjadinya permintaan dan penawaran.
Apabila sudah terjadi adanya permintaan dan penawaran maka akan terjadinya kesepakatan
untuk suatu barang dengan harga yang telah disepakati. Pasar terbagi atas lima
jenis, yaitu ;
1. Pasar
Barang
Pasar
barang merupakan yang menjual dengan dominan barang-barang. Dipasar ini koperasi
dapat berperan sebagai produsen dan konsumen. Apabila menjadi produsen koperasi
yang menawarkan barang-barang hasil produksinya sedangkan apabila koperasi menjadi
konsumen maka koperasi melakukan permintaan atas barang yang dibutuhkan oleh koperasi.
Didunia pasar sangat banyak pemasok dengan begitu koperasi harus memenangkan persaingan
itu dengan cara dua hal yang harusdilakukannya;
·
Koperasi harus inovatif dan kreatif
·
Manajemen harus memberikan motivasi kepada
anggotnya untuk lebih banyak ikut aktif melakukan produksi.
2. Pasar
TenagaKerja
Dipasar
ini menjual tenaga kerja atau yang sering disebut juga dengan jasa. Disini koperasi
membutuhkan tenagakerja untuk kegiatan operasional diluar dari keanggotannya untuk
itu koperasi berperan merekrut tenaga kerja dan menenpatkannya sesuai dengan keahliannya.
Dipasar ini pun koperasi memiliki pesaing setidaknya koperasi harus melakukan duahal,
antaralain;
·
Memberikan insentif yang relative lebih baik
·
Memberikan kesempatan pengembangan karier
yang relative lebih baik
3. Pasar
Uang
Dipasar
ini akan terjadi pinjam meminjam dana yang sehingga munculnya utang-piutang,
disini akan menimbulkannya bunga yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu,
maka dari itu koperasi harus mampu untuk dapat meraup banyaknya konsumen yang
ingin menabung dengan cara memberikan bunga yang besar dan kepada pihak meminjam
diberikan bunga yang kecil.
4. Pasar
Modal
Koperasi
jarang sekali memasuki pasar ini karena koperasi bukanlah sekumpulan dana melainkan
sekumpulan orang-orang badan hokum.
5. Pasar
Luar Negeri
Pasar
ini mendeskripsikan sebuah pasar yang berhubungan dengan ekspor dan impor.
Dibeberapa koperasi sudah bergerak dalam industry kerajinan, tapi masih sedikit
belum melakukan kegiatan ekspor-imporini.
Kaitan antara koperasi dan pasar merupakan
individu-individu yang mempunyai aktivitas ekonomi dan bergabung dalam kelompok
koperasi, maka kegiatan ekonominya telah persentasikan oleh badan usaha koperasi,
sehingga perusahaan ini yang berhubungan dengan pasar yang bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan para anggotanya yang dilihat darisegi produksi dan konsumsinya.
Koperasi dalam struktur pasar dibedakan atas menjadi dua jenisyaitu; pasar persaingan
sempurna dan pasar persaingan tidak sempurnaya itu monopoli, persaingan
monopolistic, dan oligopoly.
Sumber :
http://dukuntansi.wordpress.com/2014/01/24/koperasi-dalam-berbagai-struktur-pasar-2/
http://www.academia.edu/12011834/HUBUNGAN_PASAR_DENGAN_KOPERASI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar