Selasa, 28 April 2015

      

Nama    : Nurul Fauziyah
Kelas    : 1EB25
NPM     : 28214267

SUMBER DAYA ALAM
  
Jenis-jenis Sumber Daya Alam
A.    Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui
Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui yang mampu dihasilkan kembali keberadannya oleh manusia. Jadi walaupun sudah habis maka sumber daya alam tersebut dapat dihasilkan kembali oleh manusia jadi manusia tidak perlu takut habis.

Walaupun sumber daya ala mini dapat kita perbarui namun bukan berarti kita sebagai manusia sesuka hati menggunakannya melainkan kita juga harus bisa membatasi penggunaanya dan menjaga kelestariannya agar tidak rusak dan habis. Selain itu manusia juga mampu memanam tumbuhan yang mulai langka dan hewan yang sudah mulai punah. Sumber daya alam ini terbagi menjadi beberapa kelompok :
       I.            Sumber daya alam hayatu yang berasal dari makhluk hidup,
    II.            Sumber daya alam non-hayati yang bukan berasal dari makhluk hidup.

B.     Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang apabila manusia menggunakannya terus menus akan habis dan tidak dapat dikembalikan keadaannya oleh manusia. Maka dari itu manusia harus dapat menjaga dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhannya.

Salah satu contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah Emas dan perak. Emas dan perak merupakan batu mulia yang digunakan manusia untuk menjadi perhiasan dan asesoris. Emas sangat lah khas dengan warna kuning yang mengkilat dan nampak indah, sedangkan perak dengan warnya putih yang menarik. Selain sebagai asesoris perhiasan juga sebagai alat dalam kegiatan perdagangan. Alam Indonesua kaya akan sumber daya alam emas dan perak. Banyak di daerah-daerah yang alamnya masih mampu menghasilkan emas dan perak, tidak sedikit penduduk sekitar wilayah tersebut yang menggali dan menambang emas dan perak secara individual dan tradisional.

Namun sekarang banyaknya penggunaan manusia yang tak terbatas sehingga menyebabkan akan habisnya emas dan perak karena keinginan yang tak terbatasnya manusia untuk itu kita harus menghemat dan menjaga sumber daya alam ini. Mungkin kalian bertanya bagaimana cara melestarikannya?

Ø  Upaya melestarikannya agar tidak punah :

      i.            Penghematan
Adanya banyak pemanfaatan sumber daya alam untuk manusia namun adanya penghematan sumber daya itu sendiri secara bersamaan apalagi untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Penghematan dilakukan agar sumber daya alam dapat berangsur waktu yang cukup lama, karena apabila sumber daya habis maka penduduk Indonesia akan akan miskin dan kelaparan.

    ii.            Perlindungan
Perlindungan emas dan perak sangat dibutuhkan untuk pemanfaatan  sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

  iii.            Pemeliharaan
Pemeliharaan akan asset yang tidak ternilai harganya penting dilakukan untuk kelangsungan hiduyp generasi yang akan datang. Hutan produksi yang harus dijaga dari penebangan illegal dan kebakaran hutan agar hewan dan tumbuhan langka dapat hidup sesuai dengan habitatnya.

  iv.            Mencari barang pengganti


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar